Senin, 03 September 2012

Pronoun Versi Bahasa Indonesia


Pronoun bisa diartikan sebagai kata ganti. Sama halnya dalam bahasa Indonesia, pronoun terbagi menjadi kata ganti orang pertama, kedua dan ketiga. Berikut adalah pronoun dalam bahasa Inggris:

Subject
Object
Adjective
Possessive
Reflexive
I
Me
My
Mine
Myself
You
You
Your
Yours
Yourself / yourselves
They
Them
Their
Theirs
Themselves
We
Us
Our
Ours
Ourselves
He
Him
His
His
Himself
She
Her
Her
Hers
Herself
It
It
Its
Its
Itself


Pronoun akan berubah berdasarkan fungsinya. Misalnya, jika kata ganti orang pertama yakni ‘saya’ atau ‘aku’, dalam suatu kalimat merupakan suatu subjek maka  pronoun dalam bahasa Inggrisnya adalah ‘I’ seperti dalam kalimat:

Saya selalu makan pagi. >>           I always eat breakfast.

Jika ‘saya’atau ‘aku’ dalam kalimat berfungsi sebagai objek seperti dalam kalimat di bawah ini maka pronoun yang dipakai adalah ‘me’:

                Ibuku mencintaiku.         >>           My mother loves me.

Jika ‘aku’ berfungsi sebagai kata sifat (adjective) yang menerangkan kata benda (noun) maka pronoun-nya adalah ‘my’ seperti dalam kalimat di atas. Kata ‘my’ menerangkan noun yakni kata ‘mother’.
Namun, dalam kalimat berikut:

               Buku ini adalah punyaku.              >>           This book is mine.

 ‘ku’ menunjukkan kepemilikkan (possessive) tanpa diikuti kata benda/hal yang dimilikinya maka pronounnya adalah mine.

Terakhir, kata ganti yang berfungsi reflexive dapat dilihat dari kalimat berikut ini:

               Saya sendiri yang membuat kuenya kemarin.     >>           I, myself, made the cake yesterday.

Dan begitu seterusnya untuk kata ganti orang kedua dan ketiga.

Berikut ini adalah sebuah paragraf yang menggunakan pronoun:

                Namaku adalah Cinta Suci. Aku tinggal di Cimahi. Aku punya satu saudara perempuan dan satu saudara laki-laki. Saudara perempuanku lebih tua dariku. Namanya Kasih Sayang. Saudara laki-lakiku jauh lebih muda dariku. Namanya Setia Perkasa. Saya sendiri yang memberi nama untuknya.

>> 
                My name is Cinta Suci. I live in Cimahi. I have one sister and one brother. My sister is older than me. Her name is Kasih Sayang. My brother is much younger than me. His name is Setia Perkasa. I, myself, named him.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar